Buat Apa Melakukan PTK?

Salam Semangat!

Sahabat guru,

Buat apa melakukan PTK? Sebuah pertanyaan yang sering ditujukan pada saya. Bagi guru PNS, tentu sangat mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut. PNS yang akan naik pangkat, khususnya dari gol IVA ke IVB diharuskan untuk menuliskan karya tulis ilmiah. Begitu pun untuk guru sekolah swasta, PTK sangat penting untuk meningkatkan apresiasi , dan profesionalisme guru dalam mengajar. Apalagi dengan adanya program sertifikasi dari pemerintah.

Sahabat guru, saya sangat terkesan sekali dan sependapat dengan kata-kata Agus Sampurno pemenang Guraru Award bebrapa waktu yang lalu, beliau mengatakan bahwa, PTK adalah cara guru ‘minta maaf’ pada siswa atas cara pengajaran yang belum bisa membuat mereka paham dan mengerti.

Sahabat guru, PTK sangatlah penting dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat proses pembelajaran. PTK juga sangat mungkin untuk di lakukan karena ruang lingkupnya adalah kelas kita sendiri, kelas dimana kita mengajar. PTK dapat dilaksanakan tanpa kita harus meninggalkan kelas, dan dapat dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat.

Sahabat guru, melakukan PTK adalah salah satu bentuk tanggung jawab kita dalam mengajar, memberikan yang terbaik untuk peserta didik, semakin sering kita melakukan PTK berarti semakin banyak massalah maupun hambatan dalam proses KBM dapat terselesaikan. Tentunya akan berimbas pada kualitas pembelajaran. Jadi, apapun status Anda, guru PNS, swasta, bahkan guru tidak tetap pun sangat baik melakukan PTK.

Sahabat guru, saat ini sudah banyak buku dan pelatihan PTK. Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak melakukan PTK, guru yang baik adalah guru yang selalu belajar. Selamat melakukan PTK, dan salam semangat!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s