Wouw, Ada Menara dalam Kelas (asyiknya belajar matematika)

Salam Semangat!

Sahabat guru,

tulisan saya sebelumnya berupa pengalaman pembelajaran matematika menggunakan permen (Asyiknya Belajar dengan Permen), kali ini saya menggunakan benda-benda yang terdapat di kelas dan gelas plastik warna warni. Kompetensi Dasarnya masih sama dengan kemarin, yakni mengurutkan  banyak benda.

Dalam percobaan kali ini siswa diminta membuat menara dari benda-benda yang terdapat di kelas dan menara dari gelas plastic. Percobaan membuat menara dari benda-benda di kelas dilakukan 4 kelompok, sedangkan menara dari gelas plastik, siswa saya bagi menjadi 6 kelompok. Setiap siswa membawa  lima buah gelas plastik warna-warni.

Berikut saya tampilkan hasil kreasi mereka:

menara dari tas, buku, dan tempat pensil

menara dari tas, buku, dan tempat pensil

menara

wouw, menaranya tinggi

wouw, menaranya tinggi

Setelah menara tersusun dengan baik, anak-anak mulai menghitung dan mengurutkan. Percobaan ini dilakukan berkelompok, namun laporannya ditulis individu dalam lembar LKS.

Seperti pada pembelajaran dengan permen, anak-anka mengikuti dengan antusias, bahkan waktu terasa cepat berlalu, sehingga saat bel terdengar mereka masih ingin melakukan percobaan.

IMG00803-20130116-1320

menara pink

IMG00824-20130116-1329

menara biru

Sahabat guru, dari beberapa proses pembelajaran beberapa hari terakhir ini, saya menyimpulkan bahwa: media atau alat peraga yang kita pakai untuk pembelajaran bisa didapat dari benda-benda sederhana yang ada disekitar kita. Dan hasilnya pun tidak mengecewakan, tujuan pembelajaran tercapai, dan anak-anak merasa senang. Sehingga saya berharap, tidak ada lagi rasa takut  dan bosan terhadap terhadap matematika

Sahabat guru, sebagai guru kita dituntut untuk kreatif dan inovatif untuk bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Saya merasa perlu terus belajar.

Sahabat guru, tulisan ini sekedar berbagi pengalaman. Semoga bermanfaat, dan salam semangat!

6 thoughts on “Wouw, Ada Menara dalam Kelas (asyiknya belajar matematika)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s