Serunya Kunjungan Edukatif Kelas Satu

Salam Semangat!

Sahabat guru,

Beberapa waktu yang lalu paralel kelas satu SDIT Luqman Al Hakim pergi ke Kepurun Pawana Indonesia di Klaten dalam rangka Kunjungan Edukatif. Senang sekali melihat anak-anak yang dengan antusias mengikuti setiap kegiatan. Anak-anak dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok dibimbing seorang pemandu. Anak-anak mendatangi tiap pos untuk bisa langsung mengikuti rangkaian kunjungan edukatif.

Berikut ini kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan edukatif kali ini.

  • Menanam sawi

Kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh kelas saya adalah menanam sawi. Anak-anak dengan tekun mendengarkan dan mengikuti penjelasan dari pemandu tentang cara menanam sawi menggunakan media tanam.

menanam sawi

menanam sawi

Setiap anak mendapat satu media tanam untuk menanam sawi. Wow, anak-anak girang saat pemandu mengatakan bahwa sawi yang ditanam boleh dibawa pulang.

  • Menangkap ikan

Setelah menanam sawi, anak-anak diajak ke kolam tangkap. Setiap anak diberi plastik untuk tempat ikan hasil tangkapan. Wahsemua langsung nyebur dan berusaha menangkap ikan.

Yang dapat ikan pasti senang, yang tidak berhasil tampak kecewa bahkan ada yang menangis. Tapi tidak lama, karena pemandu memberi setiap anak seekor ikan bagi anak yang tidak berhasil menangkap sendiri.

  • Membuat telur asin

Setelah berbasah-basah menangkap ikan, anak-anak diajak membuat telur asin. Awalnya ada beberapa anak yang merasa jijik untuk melumuri telur itik dengan adonan batu bata yang sudah dihaluskan dicampur garam, kemudian menggulingkan telur dalam abu.

  • Memberi makan hewan ternak

Selesai praktek membuat telur asin, anak-anak diajak berkeliling kandang. Selain melihat aneka hewan ternak, anak-anak diperbolehkan memberi makan hewan ternak. Saat melihat domba di kandang, beberapa anak berseru, “Ada shaun the sheep.” Wah ternyata tokoh kartun ini cukup melekat di benak anak-anak. Selain domba, ada banyak hewan ternak yang dilihat, antara lain: sapi, kerbau, kambing etawa, rusa, ayam, kalkun, itik.

  • Menanam padi

Puas memberi makan hewan ternak, anak-anak praktek menanam padi. Jadilah setiap anak belepotan lumpur. Sampai ada yang berteriak, “ Aku jadi monster lumpur.”Meskipun begitu anak-anak tetap senang.

ini dia monster lumpur

  • Makan dan membuat bakso

Setelah mandi untuk membersihkan lumpur, anak-anak dengan nikmat menyantap mi bakso yang sudah disiapkan para pemandu. Setelah kenyang, anak – anak diajak untuk membuat bakso.

baksonya nikmat

Sahabat guru,

Kunjungan edukatif kali ini memang seru, anak-anak puas mengikuti setiap kegiatan. Kegembiraan bertambah saat sebelum pulang para pemandu sudah menyiapkan susu, bakso, dan telur asin untuk dibawa pulang. Jadilah setiap anak pulang dengan menenteng media tanam sawi, ikan hasil tangkapan, susu, bakso, telur asin, dan juga baju kotor penuh lumpur, hehe.

Sahabat guru, yuk kita ajak anak-anak belajar di luar kelas, pasti seru. Selamat mencoba dan salam semangat.