Berguru pada Guru

Salam semangat!

Sahabat guru,

             Sebagai seorang guru tentu tidak boleh lepas dari keinginan dan tuntutan untuk terus belajar. Belajar bisa kita dapat dari berbagai hal, seperti; buku, majalah, jurnal, ikut seminar dan pelatihan, juga dari teman sejawat. Berbicara mengenai teman sejawat, saya ingin mengenalkan seorang teman guru. Wasid Asdi, namanya.  Sebagai guru kelas 3, saya sudah 2 tahun  berpartner bersama beliau. Selama 2 tahun, ada banyak hal yang saya pelajari dari beliau. Saya belajar mengenai bagaimana mengelola kelas yang baik, pembelajaran yang menyenangkan, pembelajaran nilai, kepedulian pada lingkungan sekitar, dll.Ust Wasid Asdi

            Ustadz Wasid, begitu biasa saya dan murid-murid memanggilnya. Pribadi yang dikenal humoris dan menyenangkan. Dan yang paling ditunggu oleh murid dari sosok beliau adalah cerita. Sebelum pembelajaran dimulai, ustadz mengawalinya dengan cerita atau kisah yang sarat dengan hikmah. Selain cerita, beliau juga rajin mengirim sms berupa tausiyah, cuplikan hadist, dan kata-kata motivasi pada wali murid. Sampai saat penerimaan raport ada seorang wali yang membukukan kumpulan sms dari beliau kemudian dibagikan pada wali yang lain. Ada satu hal lagi yang menarik, beliau pandai melakukan trik-trik sulap.

               Sahabat guru, disekolah Anda tentu banyak sosok guru yang mau berbagi ilmu. Menurut pendapat saya, belajar  pada teman sejawat tidak harus dalam bentuk diskusi atau tanya jawab, bisa dengan pengamatan. Mengamati keseharian teman dalam menjalankan amanah sebagai pendidik, melihat bagaimana teman dalam mensikapi permasalahan yang dihadapi, mendengar bagaimana ia berpendapat dll.

Selamat berguru, dan salam semangat!

One thought on “Berguru pada Guru

  1. Pingback: TAWAKAL: Kumpulan Cerita Hikmah | inspirasi.me | inspirasi.me … | inspirasi.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s