Belajar Menghargai Pendapat Anak

Salam semangat!

Sahabat guru,

Salah satu ketrampilan yang seharusnya dikuasai oleh guru adalah mendengar. Saya menyebutnya sebagai ketrampilan karena untuk bisa menjadi pendengar yang baik, butuh latihan hingga menjadi trampil atau terbiasa.

Sahabat guru,

Mendengar yang saya maksud bukan sekedar mendengar sambil lalu, melainkan mendengar aktif. Tujuan mendengar aktif terpusat pada siapa yang kita dengarkan,  meskipun di dalam kelompok atau perorangan, dengan tujuan untuk mengerti apa yang ia katakan. Sebagai pendengar, kita mungkin mengulang kembali  kata-kata yang kita dengar menggunakan kata-kata sendiri. Ini tidak selalu berarti kita setuju, tetapi cenderung pada, mengerti apa yang mereka katakan.

Sahabat guru,

Salah satu konsekuensi dari keinginan kita mendengar adalah berbesar hati tatkala pendapat peserta didik berbeda dengan pendapat kita bahkan mengkritisi cara mengajar kita. Yang harus kita lakukan selanjutnya adalah memberikan apresiasi. Tentu akan terasa hambar dan tidak berguna apabila kita cuma berhenti pada taraf mau mendengar.

Sahabat guru,

Dalam berlatih menjadi pendengar yang baik, saya berlatih mendengar pendapat anak saya. Ranjana Usia Ranjana belum genap 4 tahun, tapi sudah terbiasa mengatakan, “Bunda, Ranjana punya ide,” sambil mengangkat tangan.  Sebelumnya sudah saya tulis bahwa kita harus berbesar hati  dalam mendengar pendapat, termasuk ketika anak menyela pembicaraan, “Stop, Bunda. Ranjana punya ide.” Tentu hal ini bisa kita arahkan bagaimana adab-adabnya.

Sahabat guru, sudahkah Anda menjadi pendengar yang baik?

Salam semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s