Contoh RPP Tematik dengan EEK & Pendidikan Karakter

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)  Tematik

 

 

Nama Sekolah     :  SDIT Luqman Al Hakim

Tema                         :  Pekerjaan

Kelas/Semester  :  III / 2

Alokasi Waktu    :  4 minggu

 I.       STANDAR KOMPETENSI

PKn

–          Memiliki harga diri sebagai individu

IPS

–          Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

  1. Bahasa Indonesia

–          Memahami cerita  dan teks drama anak yang dilisankan

–          Mengungkapkan pikiran,  perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan  bertelepon dan bercerita

–          Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi

–          Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi

Matematika

–          Memahami pecahan sederhana dan penggu-naannya dalam pemecahan masalah

IPA

–          Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan  energi dan  sumber energi

SBK

–          Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

–          Mengapresiasi  karya seni musik


 II.    KOMPETENSI DASAR

1. PKn

–          Mengenal pentingnya memiliki harga diri

–          Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan lain­ lain

2. IPS

–    Mengenal jenis-jenis pekerjaan

3. B. Indonesia

–          Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya

–          Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas

–          Menjawab dan atau mengajukan  pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif

–          Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik

4. Matematika

–          Mengenal  pecahan sederhana

–          Membandingkan pecahan sederhana

–          Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana

5. IPA

–          Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

–          Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari

–          Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya

6. SBK

–          Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar

–          Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi

–          Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana

 

III. INDIKATOR

1. PKn

–          Menyebutkan pentingnya memiliki harga diri

–          Menjelaskan pentingnya memiliki harga diri

–          Mengenal pentingnya memiliki harga diri

–          Menunjukkan contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan lain­ lain

–          Menjelaskan contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan lain­ lain

–          Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan lain­ lain

2. IPS

–          Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan

–          Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan

–          Mengenal jenis-jenis pekerjaan

3. B. Indonesia

–          Mengidentifikasi cerita pengalaman teman yang didengarnya

–          Mendiskusikan cerita pengalaman teman yang didengarnya

–          Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya

–          Menirukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas

–          Mencontohkan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas

–          Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas

–          Memilih teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif

–          Menjawab dan atau mengajukan  pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif

–          Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik

4. Matematika

–          Menyebutkan  pecahan sederhana

–          Menjelaskan  pecahan sederhana

–          Mengenal  pecahan sederhana

–          Menuliskankan pecahan sederhana

–          Menghitung pecahan sederhana

–          Membandingkan pecahan sederhana

–          Menyebutkankan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana

–          Menghitung masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana

–          Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana

5. IPA

–          Menunjukkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

–          Menjelaskan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

–          Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

–          Menyebutkan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari

–          Menjelaskan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari

–          Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari

–          Menyebutkan sumber energi dan kegunaannya

–          Menjelaskan sumber energi dan kegunaannya

–          Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya

6. SBK

–          Menelusuri diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar

–          Melatih diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar

–          Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar

–          Menandai hiasan/warna pada benda tiga dimensi

–          Mencirikan kode hiasan/warna pada benda tiga dimensi

–          Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi

–          Mempelajari lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana

–          Meniru lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana

–          Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana

III. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. PKn

–          Peserta didik dapat menyebutkan, menjelaskan, dan mengenal pentingnya memiliki harga diri

–          Peserta didik dapat menunjukkan, menjelaskan, dan memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan lain­ lain

2. IPS

–    Peserta didik dapat mengidentifikasi, menyebutkan, dan mengenal jenis-jenis pekerjaan

3. B. Indonesia

–          Peserta didik dapat mengidentifikasi, mendiskusikan, dan memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya

–          Peserta didik dapat menirukan, mencontohkan, dan melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas

–          Peserta didik dapat memilih, menjawab dan atau mengajukan  pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif

–          Peserta didik dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik

4. Matematika

–          Peserta didik dapat menyebutkan, menjelaskan, dan  mengenal  pecahan sederhana

–          Peserta didik dapat menuliskan, menghitung, dan membandingkan pecahan sederhana

–          Peserta didik dapat menyebutkan, menghitung, dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana

5. IPA

–          Peerta didik dapat menunjukkan, menjelaskan, dan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

–          Peserta didik dapat menyebutkan, menjelaskan, dan mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari

–          Peserta didik dapat menyebutkan, menjelaskan, dan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya

6. SBK

–          Peserta didik dapat menelusuri, melatih, dan mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar

–          Peserta didik dapat menandai, mencirikan kode, dan memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi

–          Peserta didik dapat mempelajari, meniru, dan menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana

 

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Toleransi ( Tolerance )

Percaya diri ( Confidence )

Keberanian ( Bravery )

IV.  Materi Pokok

1. PKn

–       Harga diri

–       Contoh bentuk harga diri

2. IPS

–    Jenis-jenis pekerjaan

3. B. Indonesia

–          Tanggapan sederhana

–          Percakapan melalui telepon/alat komunikasi

–          Menjawab dan atau mengajukan  pertanyaan tentang isi teks

–          Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik

4. Matematika

–          Pecahan

–          Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana

5. IPA

–          Gerak benda

–          Energi

6. SBK

–          Gambar imajinatif mengenai alam sekitar

–          Benda tiga dimensi

–          Lagu daerah dan lagu anak-anak

 

V. MetodE Pembelajaran                         

¨      Informasi

¨      Diskusi

¨      Kooperatif learning

¨      Problem solving

¨      Tanya jawab

¨      Demontrasi

¨      Pemberian tugas

VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A.          Kegiatan Awal

Apersepsi :

  • Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pembelajaran
  • Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai kompetensi dasar materi yang akan dipelajari
  • Peserta didik bertanya jawab mengenai materi sebelumnya

B.           Kegiatan Inti

Minggu  I

Pertemuan pertama :  4 X 35 menit (B. Indonesia, SBK)

  •  Eksplorasi

Bahasa Indonesia

  • Peserta didik mendegar cerita pengalaman yang disampaikan oleh guru
  • Peserta didik memberikan tanggapan terhadap cerita pengalaman yang di dengar
  • Peserta didik mendengar penjelasan Guru tentang bagaimana memberi tanggapan yang baik

SBK

  • Peserta didik mendengarkan penjelasan dari Guru mengenai gambar imajinatif
  • Peserta didik menggambar gambar imajinatif mengenai lingkungan pekerjaan yang dicita-citakan
  •  Peserta didik mewarnai gambar yang sudah dibuat

        

Pertemuan ke dua 4 X 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)

  • Eksplorasi

Matematika

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai arti pecahan
  •  Peserta didik  mengenal arti pecahan  menggunakan gambar yang sudah disiapkan guru

Bahasa Indonesia

  • Peserta didik menceritakan mengenai pengalamannya melakukan percakapan melalui telepon
  •  Peserta didik mendengarkan contoh percakapan telepon yang baik dan tidak baik
  •  Peserta didik memberi tanggapan terhadap contoh percakapan yang disampaikan guru
  •  Peserta didik didik dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian setiap kelompok maju ke depan kelas untuk membaca teks percakapan melalui telepon yang sudah disiapkan guru

Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, PKn)

  • Eksplorasi

Bahasa Indonesia

  •  Peserta didik membaca sebuah teks secara intensif
  •  Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai isi teks yang dibaca
  •  Peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks

PKn

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai harga diri
  •  Peserta didik mendiskusikan pentingnya memiliki harga diri

Pertemuan ke empat 4 X 35 menit ( Matematika, IPA)

  •  Eksplorasi

Matematika

  • Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai arti pecahan
  •  Peserta didik  mengenal pecahan  menggunakan roti  yang sudah disiapkan dari rumah sebagai bekal
  •  Peserta didik mengenal pecahan dengan saling berbagi roti antar teman

IPA

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai gerak benda
  •  Peserta didik  melakukan pengamatan terhadap gerak benda yang ada di sekitar kelas
  •  Peserta didik  melakukan pengamatan terhadap gerak benda  dengan berbagai bentuk dan ukuran

Pertemuan ke lima 4 X 35 menit ( Matematika, IPS)

  •  Eksplorasi

Matematika

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai arti pecahan
  •  Peserta didik  mengenal pecahan  menggunakan buah semangka  yang sudah disiapkan oleh guru dan peserta didik secara berkelompok
  •  Peserta didik mengenal pecahan dengan saling berbagi buah semangka antar teman dalam kelompok

IPS

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai pekerjaan
  •  Peserta didik dibagi beberapa kelompok untuk mendiskusikan apa arti pekerjaan

Minggu  II

Pertemuan pertama :  4 X 35 menit (B. Indonesia, SBK)

  •  Eksplorasi

Bahasa Indonesia

  •  Peserta didik mengamati gambar seri
  •  Peserta didik menjelaskan maksud dari gambar seri
  •  Peserta didik membuat kalimat pokok berdasarkan gambar seri
  •  Peserta didik mengembangkan kalimat pokok menjadi paragraf

SBK

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan dari Guru mengenai gambar imajinatif
  •  Peserta didik menggambar gambar imajinatif mengenai  pekerjaan yang dicita-citakan
  •  Peserta didik mewarnai gambar yang sudah dibuat

Pertemuan ke dua 4 X 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)

  •  Eksplorasi

Matematika

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai membandingkan dua  pecahan
  •  Peserta didik  mengenal lambang > dan <
  •  Peserta didik menggunakan lambang > dan < untuk membandingkan dua pecahan menggunakan gambar, roti, dan buah yang sudah disiapkan guru.

Bahasa Indonesia

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai penggunaan kata depan di dan pada
  •  Peserta didik membuat kalimat menggunakan kata depan di dan pada

Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, PKn)

  •  Eksplorasi

Bahasa Indonesia

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai penggunaan kata depan ke dan dari
  •  Peserta didik membuat kalimat menggunakan kata depan ke dan dari

PKn

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai manusia sebagai makhluk Tuhan yang memiliki  harga diri
  •  Peserta didik mendiskusikan manusia sebagai makhluk Tuhan yang memiliki  harga diri

Pertemuan ke empat 4 X 35 menit ( Matematika, IPA)

  •  Eksplorasi

Matematika

  • Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai garis bilangan dan pecahan
  •  Peserta didik  mempelajari cara meletakkan pecahan pada garis bilangan

IPA

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai  energi
  •  Peserta didik  melakukan pengamatan mengenai  energi panas, gerak dan getaran
  •  Peserta didik  mendeskripsikan hasil  pengamatan mengenai  energi panas, gerak dan getaran

Pertemuan ke lima 4 X 35 menit ( Matematika, IPS)

  •  Eksplorasi

Matematika

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai garis bilangan dan pecahan
  •  Peserta didik  mempelajari cara meletakkan pecahan pada garis bilangan
  •  Peserta didik membandingkan pecahan dengan bantuan garis bilangan

IPS

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai lapangan pekerjaan
  •  Peserta didik dibagi beberapa kelompok untuk mendiskusikan mengenai lapangan kerja

Minggu III

Pertemuan pertama :  4 X 35 menit (B. Indonesia, SBK)

  •  Eksplorasi

Bahasa Indonesia

  •  Peserta didik mendengar cerita pengalaman yang disampaikan oleh guru
  •  Peserta didik memberikan tanggapan terhadap cerita pengalaman yang di dengar
  •  Peserta didik mendengar dan memberikan tanggapan terhadap cerita pengalaman dari teman sebangku

SBK

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan dari Guru mengenai  contoh benda tiga dimensi
  •  Peserta didik menghias gelas plastik dengan manik-manik atau kacang-kacangan, sehingga tercipta tempat pensil yang indah

Pertemuan ke dua 4 X 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)

  •  Eksplorasi

Matematika

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik  mempelajari cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan

Bahasa Indonesia

  •  Peserta didik membaca teks percakapan melalui telepon yang ada di buku paket
  •  Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai teks percakapan melalui telepon yang dibaca
  •  Peserta didik didik dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian setiap kelompok maju ke depan kelas untuk membaca teks percakapan melalui telepon yang ada di buku paket

Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, PKn)

  •  Eksplorasi

Bahasa Indonesia

  •  Peserta didik membaca sebuah teks secara intensif
  •  Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai isi teks yang dibaca
  •  Peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks

PKn

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai harga diri
  •  Peserta didik mendiskusikan contoh perilaku anak yang memiliki harga diri

Pertemuan ke empat 4 X 35 menit ( Matematika, IPA)

  •  Eksplorasi

Matematika

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik  mempelajari cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik mencoba cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan

IPA

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai  energi
  •  Peserta didik  melakukan pengamatan mengenai  pengaruh energi panas, gerak dan getaran dalam kehidupan sehari-hari
  •  Peserta didik  mendeskripsikan hasil  pengamatan mengenai pengaruh energi panas, gerak dan getaran dalam kehidupan sehari-hari

Pertemuan ke lima 4 X 35 menit ( Matematika, IPS)

  •  Eksplorasi

Matematika

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik  mempelajari cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik mencoba cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan

IPS

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai lapangan pekerjaan
  •  Peserta didik dibagi beberapa kelompok untuk mendiskusikan mengenai lapangan kerja

 

Minggu  IV

Pertemuan pertama :  4 X 35 menit (B. Indonesia, SBK)

  •  Eksplorasi

Bahasa Indonesia

  •  Peserta didik mengamati gambar seri
  •  Peserta didik menjelaskan maksud dari gambar seri
  •  Peserta didik membuat kalimat pokok berdasarkan gambar seri
  •  Peserta didik mengembangkan kalimat pokok menjadi paragraf

SBK

  •  Peserta didik mendengar lagu Lir-ilir Guru menerangkan tentang negara Indonesia
  •  Peserta didik menirukan lagu Lir-ilir bersama-sama
  •  Peserta didik menyanyikan lagu Lir-ilir di depan kelas secara bergantian

        

Pertemuan ke dua 4 X 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)

  •  Eksplorasi

Matematika

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik  mempelajari cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik mencoba cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan

Bahasa Indonesia

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai awalan me-
  •  Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai awalan me-
  •  Peserta didik membuat kalimat menggunakan awalan me-

Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, PKn)

  • Eksplorasi

Bahasa Indonesia

  •  Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai materi pembelajaran yang sudah berlangsung
  •  Peserta didik mengerjakan LKS
  •  Peserta didik mendengarkan pembahasan LKS yang sudah dikerjakan dari Guru

PK N

  • Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai harga diri
  • Peserta didik mendiskusikan manfaat harga diri

Pertemuan ke empat 4 X 35 menit ( Matematika, IPA)

  •  Eksplorasi

Matematika

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik  mempelajari cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik mencoba cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan

IPA

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sumber energi
  •  Peserta didik mendiskusikan / mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya

Pertemuan ke lima 4 X 35 menit ( Matematika, IPS)

  •  Eksplorasi

Matematika

  •  Peserta didik mendengar penjelasan guru mengenai pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik  mempelajari cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan
  •  Peserta didik mencoba cara pemecahan masalah berkaitan dengan pecahan

IPS

  •  Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai jenis-jenis pekerjaan
  •  Peserta didik mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan
  •  Elaborasi
  •  Peserta didik membaca teks materi yang sudah disiapkan guru
  •  Peserta didik mengerjakan LKS
  •  Peserta didik berdiskusi untuk memunculkan gagasan baru
  •  Peserta didik menulis gagasan baru berkaitan dengan materi yang dipelajari
  •  Peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  •  Peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Konfirmasi
  •  Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum jelas
  •  Peserta didik mendapat umpan balik dari guru

C. Kegiatan Akhir

  •  Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil belajar
  •  Peserta didik  menjawab pertanyaan guru secara lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  •  Salah satu peserta didik  memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran

VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

Sumber belajar :

  •   Buku Pendidikan Kewarganegaraan (Yudhistira)
  •   Buku IPA (Senang Belajar IPA: Pusat Perbukuan)
  •   Buku Matematika (Matematika Aktif: esis)
  •   Buku Bahasa Indonesia (Yudhistira)
  •   Buku IPS (Yudhistira)
  •  Nara sumber
  •   Eksiklopedia
  •   Kamus Bahasa Indonesia
  •   Pedoman EYD
  •   Koran dan majalah
  •  Media elektronik

Alat Peraga

  •  Gambar jenis-jenis pekerjaan
  •  Gambar Sumber energi
  •  Gambar seri dengan tema pekerjaan
  •  Gambar pecahan
  •  Teks cerita pengalaman
  •  Teks cerita dengan tema pekerjaan
  •  Teks percakapan telepon
  •  Semangka
  •  Roti

VII. PENILAIAN

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

1. PKn            :–          Menyebutkan pentingnya memiliki harga diri-          Menjelaskan pentingnya memiliki harga diri

–          Menunjukkan contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan lain­ lain

2. IPS :

–       Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan

–       Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan

3. IPA :

–          Menunjukkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

–          Menjelaskan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

–          Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

–          Menyebutkan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari

–          Menjelaskan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari

–          Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari

–          Menyebutkan sumber energi dan kegunaannya

–          Menjelaskan sumber energi dan kegunaannya

–          Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya

4. Matematika :

–          Menyebutkan  pecahan sederhana

–          Mengenal  pecahan sederhana

–          Menuliskankan pecahan sederhana

–          Menghitung pecahan sederhana

–          Membandingkan pecahan sederhana

–          Menyebutkankan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana

–          Menghitung masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana

–          Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana

5. B. Indonesia :

–          Mengidentifikasi cerita pengalaman teman yang didengarnya

–          Mendiskusikan cerita pengalaman teman yang didengarnya

–          Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya

–          Menirukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas

–          Mencontohkan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas

–          Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas

–          Memilih teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif

–          Menjawab dan atau mengajukan  pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif

–          Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik

6. SBK :

–          Menelusuri diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar

–          Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar

–          Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi

–          Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana

 

Tes lisan Tes tertulis

Tes lisan Tes tertulis

Tes lisan Tes tertulis

Tes lisan Tes tertulis

Tes lisan Tes tertulis

Praktek

 

uraian

isian

uraian

isian

uraian

isian

uraian

isian

uraian

isian

Praktek

Unjuk kerja

 

1. PKn            :–          Apa yang kamu ketahui tentang harga diri?-          Apa pentingnya harga diri bagi seseorang?

–          Berilah contoh perilaku yang menunjukkan harga diri

  2. IPS :

–          Apakah yang dihasilkan oleh seorang sopir angkot?

–          Sebutkankan 5 jenis pekerjaan yang kamu ketahui!

3. IPA :

–          Tunjukkan hasil pengamatanmu mengenai  gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran !

–          Jelaskan hasil pengamatanmu mengenai  gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran!

–          Buatlah kesimpulan mengenai  hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran!

–          Sebutkan hasil pengamatanmu tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari!

–          Jelaskan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari!

–          Deskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari!

–          Sebutkan sumber energi dan kegunaannya!

–          Menjelaskan sumber energi dan kegunaannya

–            Golongkan sumber energi dan kegunaannya!

4. Matematika :

–          Sebutkan  contoh pecahan sederhana!

–           dibaca ….

–          Tulislah lambang pecahan dua perenam!

–           ….

–          Ibu membeli  kg gula pasir dan    kg terigu. Belanja apakah yang lebih berat?

–          Nia ingin membagi satu buah kue untuk kedua adiknya. Berapa bagian yang diterima masing-masing adiknya?

–          Ari mempunyai  bagian buah semangka. Ia memberikan   bagian kepada Ani. Berapa bagian sisa semangka Ari?

–          Ada 3 pizza berukuran sama. Pizza itu akan dibagikan kepada 4 orang sama banyak. Temukan berapa cara dapat dilakukan untuk membagi pizza itu? Gambarkan hasil potongan tersebut!

5. B. Indonesia :

–          Pengalaman jatuh dari sepeda adalah pengalaman yang ….

–          Diskusikan cerita pengalaman temanmu yang baru saja didengar!

–          Berikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman temanmu yang baru saja didengar!

–          Tirukan percakapan melalui telepon berikut!

–          Buatlah contoh  percakapan  telepon!

–          Lakukanlah  percakapan melalui telepon berikut di depan kelas bersama teman sebangku!

–          Bacalah cerita berikut dengan seksama!

–          Jawablah pertanyaan berdasarkan teks yang kamu baca!

–          Buatlah  karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik

6. SBK :

–          Buatlah gambar imajinatif mengenai lingkungan pekerjaan yang kamu cita-citakan!

–          Buatlah gambar imajinatif mengenai  pekerjaanmu di masa mendatang!

–          Hiasilah gelas plastik berikut dengan manik-manik/ kacang-kacangan! (membuat tempat pensil dari gelas plastik)

–          Menyanyikan lagu Lir Ilir

v   Kriteria Penilaian      

1. Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar* sebagian besar benar* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

2. Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

KerjasamaPartisipasi * bekerjasama* kadang-kadang kerjasama* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

4

2

1

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

( Drs. Ahmad Burhani)

Yogyakarta, 2 Januari 2012

Guru Tematik Kelas III

( Arinil Janah, A.Md)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s