Pendidikan Karakter dalam Rukun Islam

Salam Semangat!

Sahabat guru,

Mengawali pekan pembelajaran dengan upacara bendera setiap hari Senin menjadi rutinitas yang menyenangkan bagi saya. Setiap hari Senin dapat dipastikan guru dan siswa SDIT Luqman Al Hakim akan mendapat wejangan dari Kepala Sekolah, Bapak Drs Ahmad Burhani. Beliau biasa menyampaikan wejangan dengan sederhana tapi lugas dan mudah dipahami anak-anak. Seperti pagi ini beliau mengawali dengan melontarkan sebuah pernyataan, “Anak-anak, sekarang baru digalakkan pendidikan karakter. Kalau kita mau melaksanakan rukun islam yang pertama, yakni syahadah, itu sudah mencerminkan pendidikan karakter.”

Sahabat guru,

dari pernyataan beliau saya tertarik untuk lebih  menggali pendidikan karakter yang terdapat dalam rukun Islam. Berikut saya uraikan pendidikan karakter dalam rukun Islam:

1. Syahadah

Dalam syahadah, ada dua persaksian bahwa tidak ada sesembahan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah rosul utusan Allah. Pada persaksian tersebut ada muatan/nilai religius, rasa percaya dan keyakinan yang berujung pada ketaatan seorang hamba.

2. Sholat

Umat Islam mempunyai kewajiban untuk melaksanakan sholat sebanyak lima kali dalam satu hari. Kewajiban sholat ini harus dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang sudah diatur.  Sebelum sholat kita harus memperhatikan kebersihan tempat sholat, pakaian yang kita kenakan, serta tubuh kita. Sholat dapat kita kerjakan juka sudah waktunya. Dalam sholat terdapat nilai religius, disiplin, bertanggung jawab, kerendahan hati, peduli lingkungan dan peduli kesehatan
3. Zakat

Ada berbagai macam zakat. Perintah membayar zakat harus dilaksanakan jika harta kita telah memenuhi nishob. Pelaksanaan zakat terdapat nilai religius, peduli lingkungan, mandiri, kasih sayang, empati, peduli sosial.
4. Puasa

Berbagai penelitian sudah banyak dilakukan dan telah dibuktikan bahwa puasa memiliki banyak manfaat bagi yang melakukannya. Puasa ada yang bersifat wajib dan ada yang sunnah. Dalam puasa terdapat nilai religius, peduli kesehatan, disiplin, empati, peduli sosial, kasih sayang.

5. Haji

Haji adalah kewajiban bagi yang mampu menjalankannya. Sebuah peneguhan ketaatan dan kepatuhan pada Allah SWT. Dalam haji terdapat nilai religius, disiplin, mandiri, kebahagiaan, kerendahan hati, kerja keras, toleransi, persatuan.

Sahabat guru,

Uraian di atas masih dapat digali lagi lebih dalam. Ternyata kita bisa menggali dari ajaran agama kita, tidak melulu berkiblat pada pemikiran-pemikiran barat. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s