Lima Dosa Besar Guru (part 2)

Salam Semangat!

Sahabat guru,

Pada tulisan  sebelumnya mengenai lima dosa besar guru, saya telah membahas mengenai anti kritik.  berikut akan saya tuliskan lanjutannya. kesalahan yang dilakukan oleh guru yang kedua adalah buruknya administrasi.

  • Buruknya Administrasi

Beberapa waktu lalu saya dihubungi oleh salah satu sahabat guru dari  kota seberang. Sahabat saya ini menanyakan apakah di Jogja (tempat saya tinggal) ada buku yang berisi kumpulan RPP yang dijual. Sahabat saya ini mengisahkan bahwa dirinya malas untuk membuat RPP tapi merasa terpaksa karena sekolah tempat dia mengajar akan ada penilaian akreditasi.

Sahabat guru, dari ilustrasi di atas menunjukkan bahwa sahabat saya ini administrasinya buruk. Dan hal ini banyak terjadi, di mana banyak guru yang tidak mau repot membuat RPP, maunya copy paste saja. Padahal apabila perencanaan kita bagus, dapat dipastikan proses KBM yang akan berlangsung akan jauh lebih baik dibandingkan jika tidak adanya perencanaan. Pembuatan RPP hanyalah satu dari administrasi guru yang harus disiapkan oleh guru. Alangkah luar biasa jika seorang guru bagus dalam mengajar sekaligus tertib administrasinya. Suatu hal yang penting disiapkan  ada atau tidak tuntutan/ kebutuhan  akreditasi. Jujur, tulisan ini sebagai lecutan bagi saya untuk lebih tertib administrasi karena memang rasa malas sering hadir. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s