Lima Dosa Besar Guru (part 2)

Salam Semangat!

Sahabat guru,

Pada tulisan  sebelumnya mengenai lima dosa besar guru, saya telah membahas mengenai anti kritik.  berikut akan saya tuliskan lanjutannya. kesalahan yang dilakukan oleh guru yang kedua adalah buruknya administrasi.

  • Buruknya Administrasi

Beberapa waktu lalu saya dihubungi oleh salah satu sahabat guru dari  kota seberang. Sahabat saya ini menanyakan apakah di Jogja (tempat saya tinggal) ada buku yang berisi kumpulan RPP yang dijual. Sahabat saya ini mengisahkan bahwa dirinya malas untuk membuat RPP tapi merasa terpaksa karena sekolah tempat dia mengajar akan ada penilaian akreditasi.

Sahabat guru, dari ilustrasi di atas menunjukkan bahwa sahabat saya ini administrasinya buruk. Dan hal ini banyak terjadi, di mana banyak guru yang tidak mau repot membuat RPP, maunya copy paste saja. Padahal apabila perencanaan kita bagus, dapat dipastikan proses KBM yang akan berlangsung akan jauh lebih baik dibandingkan jika tidak adanya perencanaan. Pembuatan RPP hanyalah satu dari administrasi guru yang harus disiapkan oleh guru. Alangkah luar biasa jika seorang guru bagus dalam mengajar sekaligus tertib administrasinya. Suatu hal yang penting disiapkan  ada atau tidak tuntutan/ kebutuhan  akreditasi. Jujur, tulisan ini sebagai lecutan bagi saya untuk lebih tertib administrasi karena memang rasa malas sering hadir. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

