Lima Dosa Besar Guru ( part 1) *

Salam Semangat!

Sahabat guru,

Profesi kita sebagai Guru dengan predikat yang melekat sebagai orang yang digugu lan ditiru, seharusnya  diimbangi dengan semangat terus belajar dan memperbaiki setiap kesalahan. Mengapa harus begitu? Karena guru juga manusia. Sebagai manusia, pastilah kita tidak  luput dari berbuat salah. Berikut adalah beberapa kesalahan (dosa) yang biasa dilakukan oleh guru.

  • Anti kritik

Sahabat guru, pernahkah Anda mendapat kritikan mengenai manajemen kelas, perfome mengajar, materi yang ketinggalan jaman, dll? Apa yang Anda lakukan? Segera berterima kasih dan berjanji akan memperbaiki kah? Atau Anda segera memberikan berbagai alasan dan berupaya membentengi diri dengan mengatakan,” Dari dulu juga begitu dan tidak ada masalah. Sudah bertahun-tahun saya jadi guru, jadi saya lebih tahu mana yang lebih baik.”

Sebagai seorang guru pun, kita pastilah memiliki kekurangan. Demi kemajuan anak didik dan pribadi guru sangatlah elok kalo kita mau terbuka terhadap kritik.

Sahabat guru, percayalah bahwa setiap kritik dan masukan akan berdampak luar biasa pada diri kita kalau kita mau menerima. Tidak perlu malu atau tersinggung pada orang–orang yang menyampaikan kritik, sekalipun kritik itu terlontar dari anak didik kita.

Sudah menjadi sunnatullah, sebagai manusia kita memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai seorang hamba sudah menjadi kewajiban untuk mensyukuri setiap kelebihan yang Allah berikan, dengan mengoptimalkan kelebihan kita untuk kebaikan dan  kemanfaatan. Yang harus kita lakukan dengan kekurangan yang ada pada diri kita adalah dengan bersabar dan berusaha sekuat tenaga merubah kekurangan yang kita miliki menjadi sebuah potensi yang luar biasa. Hal tersebut sangat mungkin terjadi asalkan kita terbuka terhadap kritik. Jadikan kritik negatif menjadi masukan positif untuk kebaikan diri kita.

Semoga bermanfaat.

 

    *Insya Allah ada lanjutannya sampai lima tulisan terkait.

2 thoughts on “Lima Dosa Besar Guru ( part 1) *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s