Crative Intelligence

Salam Semangat!

Sahabat guru berikut ini saya cuplikkan  sedikit tulisan yang saya ambil dari buku berjudul The Power Of Crative Intelligence, semoga bermanfaat.

 

Mengenal Crative Intelligence

Crative Intelligence (kecerdasan kreatif) adalah kemampuan kita untuk memunculkan ide-ide baru, menyelesaikan masalah dengan cara yang khas, dan untuk lebih meningkatkan imajinasi, perilaku, dan produktivitas kita.

 

Crative Intelligence melibatkan sejumlah faktor, dan semuanya bisa dipelajari dan dikembangkan sehingga kita dapat meningkatkan kreativitas. Buku ini akan memperkenalkan semua faktor tersebut, kemudian akan menunjukkan cara mengembangkan dan meningkatkannya. Faktor-faktor tersebut adalah:

  • Otak kiri/kanan

Kemampuan untuk menggunakan, dalam bekerjasama satu sama lain, keterampilan masing-masing otak kiri dan kanan.

  • Pembuatan-catatan/mind-mapping

Kemampuan untuk ”membuat pikiran kita terlihat” dengan mengeluarkannya dari kepala dan menuliskannya di atas kertas, sehingga kita dapat menjelajahinya dengan lebih cermat.

  • Kelancaran

Kecepatan mengeluarkan gagasan baru. Kelancaran merupakan ukuran produktivitas kreatif.

  • Fleksibilitas

Kemampuan untuk memproduksi berbagai gagasan, kemudian beralih dari satu cara ke cara lain dengan menggunakan berbagai strategi, merupakan fleksibilitas kreatif kita. Termasuk dalam fleksibilitas tersebut adalah kemampuan kita untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut, mempertimbangkan sesuatu dari sudut pandang yang lain, mengambil konsep-konsep lama dan menyusunnya kembali dengan cara baru, dan memutarbalikkan gagasan yang belum muncul. Yang juga termasuk dalam fleksibilitas adalah kemampuan menggunakan semua indra ketika menciptakan gagasan baru.

  • Orisinalitas

Keaslian atau orisinalitas adalah salah satu hakikat Crative Intelligence dan berfikir kreatif. Orisinalitas memperlihatkan kemampuan untuk menghasilkan gagasan yang kita miliki- yang tidak biasa, unik, dan ”eksentrik” (yang arti harfiahnya adalah ”jauh dari pusat”)

  • Pengembangan gagasan

Pemikir yang kreatif akan memegang gagasan pokok yang kemudian dijadikan sebagai dasar untuk mengembangkan, memperluas, merancang, dan biasanya akan menguraikan pemikiran yang asli secara terperinci.

  • Asosiasi

Pemikir yang kreatif akan memanfaatkan kenyataan bahwa otak manusia laksana ”Mesin Asosiasi” raksasa. Karena memiliki beberapa pengetahuan naluriah tentang cara kerja mesin ini (kita akan memperoleh beberapa pengetahuan tersebut dengan membaca buku ini), para pemikir yang kreatif  mampu memasuki sumber abadi ini untuk meningkatkan semua aspek kreativitasnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s