Contoh RPP dengan Eksplorasi, Elaborasi, dan Kolaborasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Rekreasi
KELAS /SEMESTER : III/2
WAKTU : 4 JP, (9 Mei 2011)

I. STANDAR KOMPETENSI
• Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan BAHASA INDONESIA
• Mengapresiasi karya seni rupa SBK

II. KOMPETENSI DASAR
• Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya BAHASA INDONESIA
• Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar SBK

III. INDIKATOR
• Menyebutkan tokoh dari dialog yang didengarnya BAHASA INDONESIA
• Menjelaskan sifat tokoh sesuai teks dialog
• Memerankan dialog dengan ekspresi yang tepat
• Mendengarkan dengan seksama teks drama anak yang diperdengarkan.
• Menirukan dengan ekspresi yang tepat dialog dalam teks drama yang diperdengarkan
• Menjelaskan pengertian gambar imajinatif mengenai alam sekitar SBK
• Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada obyek imajinatif dari berbagai unsur rupa pada benda di alam sekitar
• Memilih benda/obyek benda alam yang menarik

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa dapat menyebutkan tokoh dari dialog yang didengarnya BAHASA INDONESIA
• Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh sesuai teks dialog
• Siswa dapat memerankan dialog dengan ekspresi yang tepat
• Siswa dapat mendengarkan dengan seksama teks drama anak yang diperdengarkan.
• Siswa dapat menirukan dengan ekspresi yang tepat dialog dalam teks drama yang diperdengarkan
• Siswa dapat menjelaskan pengertian gambar imajinatif mengenai alam sekitar SBK
• Siswa dapat mengungkapkan perasaan ketertarikan pada obyek imajinatif dari berbagai unsur rupa pada benda di alam sekitar
• Siswa dapat memilih benda/obyek benda alam yang menarik

V. MATERI
• Drama anak BAHASA INDONESIA
• Gambar imajinatif SBK

VI. METODE PEMBELAJARAN
• Tanya jawab
• Demonstrasi
• Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
• Salah satu siswa memimpin doa untuk mengawali pembelajaran
• Siswa mendengarkan apersepsi dari guru
• Siswa mendengarkan informasi dari guru mengenai tema yang akan dipelajari dan kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi:
• Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai drama
• Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai gambar imajinatif
• Siswa mendengarkan teks drama yang dibacakan guru
• Siswa mengeksplorasi benda-benda di alam sekitar
Elaborasi:
• Siswa melakukan tanya jawab mengenai isi drama yang didengar
• Siswa menuliskan tokoh-tokoh dalam drama beserta sifatnya
• Siswa secara berkelompok menirukan dialog dalam teks drama
• Siswa mengungkapkan ketertarikannya pada obyek imajinatif dari berbagai unsur rupa pada benda di alam sekitar
• Siswa membuat gambar imajinatif mengenai tokoh atau situasi dalam drama
Konfirmasi:
• Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas
• Siswa mendapat umpan balik dari guru
c. Kegiatan Akhir/Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan hasil belajar
• Siswa menjawab pertanyanyaan guru secara lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
• Salah satu siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
• Teks drama
• Lingkungan sekitar
• Gambar imajinatif
• Buku gambar, pensil, dan krayon
• Buku teks siswa (B. Indonesia)
• Kurikulum mata pelajaran (B. Indonesia, SBK)

IX. PENILAIAN
• Penilaian Lisan (dalam proses)
• Praktek

Yogyakarta, 23 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas III C

Drs. Ahmad Burhani Arinil Janah, A.Md

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Rekreasi
KELAS /SEMESTER : III/2
WAKTU : 4 JP, (10 Mei 2011)

I. STANDAR KOMPETENSI
• Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah MATEMATIKA
• Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita BAHASA INDONESIA

II. KOMPETENSI DASAR
• Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang MATEMATIKA
• Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar BAHASA INDONESIA

III. INDIKATOR
• Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang. MATEMATIKA
• Menceritakan secara runtut peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar BAHASA INDONESIA
• Menyebutkan tempat, waktu, dan tokoh yang terlibat dalam peristiwa yang diceritakan

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang. MATEMATIKA
• Siswa dapat menceritakan secara runtut peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar BAHASA INDONESIA
• Siswa dapat menyebutkan tempat, waktu, dan tokoh yang terlibat dalam peristiwa yang diceritakan

V. MATERI
• Keliling, luas persegi, dan persegi panjang MATEMATIKA
• Urutan peristiwa BAHASA INDONESIA

VI. METODE PEMBELAJARAN
• Tanya jawab
• Demonstrasi
• Diskusi
• Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
• Salah satu siswa memimpin doa untuk mengawali pembelajaran
• Siswa mendengarkan apersepsi dari guru
• Siswa mendengarkan informasi dari guru mengenai tema yang akan dipelajari dan kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi:
• Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai keliling, luas persegi dan persegi panjang
• Siswa mengeksplorasi benda-benda di alam sekitar yang berbentuk persegi dan persegi panjang
• Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai urutan peristiwa
• Siswa mendengarkan sebuah peristiwa atau pengalaman dari guru
Elaborasi:
• Siswa melakukan tanya jawab mengenai benda-benda di alam sekitar yang berbentuk persegi dan persegi panjang
• Siswa mencari dua buah benda yang berbentuk persegi dan persegi panjang
• Siswa menghitung keliling dan luas dari benda yang dipilih
• Siswa melakukan tanya jawab mengenai peristiwa atau pengalaman yang disampaikan guru
• Siswa menuliskan peristiwa menarik yang pernah dialami kemudian menceritakan di depan kelas
Konfirmasi:
• Siswa mendengarkan tanggapan dari guru atas hasil penghitungan keliling, luas persegi dan persegi panjang
• Siswa mendapat umpan balik dari guru terkait dengan rumus keliling, luas persegi dan persegi panjang
• Siswa mendengarkan tanggapan dari guru mengenai urutan peristiwa yang telah disampaikan siswa di depan kelas
• Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas
c. Kegiatan Akhir/Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan hasil belajar
• Siswa menjawab pertanyanyaan guru secara lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
• Salah satu siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
• Benda-benda persegi dan persegi panjang
• Lingkungan sekitar
• Penggaris
• Pengalaman atau peristiwa menarik
• Buku teks siswa (Matematika, B. Indonesia)
• Kurikulum mata pelajaran ( Matematika,B. Indonesia)

IX. PENILAIAN
• Penilaian Lisan (dalam proses)
• Penilaian Tertulis
• Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)

Yogyakarta, 23 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas III C

Drs. Ahmad Burhani Arinil Janah, A.Md

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Rekreasi
KELAS /SEMESTER : III/2
WAKTU : 4 JP, (11 Mei 2011)

I. STANDAR KOMPETENSI
• Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi BAHASA INDONESIA
• Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia PKN

II. KOMPETENSI DASAR
• Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat BAHASA INDONESIA
• Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia PKN

III. INDIKATOR
• Membacakan puisi dengan ekspresi, lafal, dan intonasi yang tepat BAHASA INDONESIA
• Menjelaskan isi puisi
• Menuliskan kembali isi puisi yang dibaca dengan bahasa sendiri
• Mengungkapkan secara lisan rasa bangga sebagai anak Indonesia PKN
• Menyebutkan contoh perilaku yang mencerminkan sikap bangga sebagai anak Indonesia
• Menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa dapat membacakan puisi dengan ekspresi, lafal, dan intonasi yang tepat BAHASA INDONESIA
• Siswa dapat menjelaskan isi puisi
• Siswa dapat menuliskan kembali isi puisi yang dibaca dengan bahasa sendiri
• Siswa dapat mengungkapkan secara lisan rasa bangga sebagai anak Indonesia PKN
• Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku yang mencerminkan sikap bangga sebagai anak Indonesia
• Siswa dapat menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia

V. MATERI
• Membaca puisi BAHASA INDONESIA
• Bangga sebagai anak Indonesia PKN

VI. METODE PEMBELAJARAN
• Tanya jawab
• Demonstrasi
• Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
• Salah satu siswa memimpin doa untuk mengawali pembelajaran
• Siswa mendengarkan apersepsi dari guru
• Siswa mendengarkan informasi dari guru mengenai tema yang akan dipelajari dan kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi:
• Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai cara membaca puisi yang baik
• Salah satu siswa membaca puisi di depan kelas, siswa yang lain mengamati
• Siswa menonton film mengenai pertempuran melawan penjajah
Elaborasi:
• Siswa melakukan tanya jawab mengenai cara membaca puisi yang baik
• Siswa melakukan tanya jawab mengenai isi puisi
• Siswa menuliskan kembali isi puisi
• Siswa menanggapi film yang ditonton
Konfirmasi:
• Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas
• Siswa mendapat umpan balik dari guru mengenai isi puisi dan film yang ditonton
c. Kegiatan Akhir/Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan hasil belajar
• Siswa menjawab pertanyanyaan guru secara lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
• Salah satu siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
• Teks puisi
• VCD film perjuangan
• Buku teks siswa (B. Indonesia, PKN)
• Kurikulum mata pelajaran (B. Indonesia, PKN)

IX. PENILAIAN
• Penilaian Lisan (dalam proses)
• Penilaian Tertulis

Yogyakarta, 23 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas III C

Drs. Ahmad Burhani Arinil Janah, A.Md

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Rekreasi
KELAS /SEMESTER : III/2
WAKTU : 4 JP, (12 Mei 2011)

I. STANDAR KOMPETENSI
• Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah MATEMATIKA
• Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam IPA

II. KOMPETENSI DASAR
• Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang MATEMATIKA
• Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia IPA

III. INDIKATOR
• Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi. MATEMATIKA
• Menjelaskan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia IPA

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi. MATEMATIKA
• Menjelaskan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia IPA

V. MATERI
• Keliling dan luas persegi MATEMATIKA
• Cuaca IPA

VI. METODE PEMBELAJARAN
• Tanya jawab
• Demonstrasi
• Diskusi
• Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
• Salah satu siswa memimpin doa untuk mengawali pembelajaran
• Siswa mendengarkan apersepsi dari guru
• Siswa mendengarkan informasi dari guru mengenai tema yang akan dipelajari dan kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi:
• Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai rumus keliling dan luas persegi
• Siswa mencari benda-benda persegi di alam sekitar
• Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai cuaca
• Siswa mengamati alam sekitar dan mengidentifikasi cuaca
Elaborasi:
• Siswa menghitung keliling dan luas persegi dari benda yang diperoleh
• Siswa menuliskan hasil identifikasi cuaca dan pengaruhnya bagi kegiatan manusia
• Siswa menjelaskan identifikasi cuaca dan pengaruhnya bagi kegiatan manusia di depan kelas
Konfirmasi:
• Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas
• Siswa mendapat umpan balik dari guru
c. Kegiatan Akhir/Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan hasil belajar
• Siswa menjawab pertanyanyaan guru secara lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
• Salah satu siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
• Benda-benda persegi
• Lingkungan sekitar
• Buku teks siswa (Matematika, IPA)
• Kurikulum mata pelajaran (Matematika, IPA)

IX. PENILAIAN
• Penilaian Lisan (dalam proses)
• Penilaian Tertulis

Yogyakarta, 23 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas III C

Drs. Ahmad Burhani Arinil Janah, A.Md

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Rekreasi
KELAS /SEMESTER : III/2
WAKTU : 4 JP, (13 Mei 2011)

I. STANDAR KOMPETENSI
• Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang MATEMATIKA
• Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang IPS

II. KOMPETENSI DASAR
• Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang MATEMATIKA
• Mengenal sejarah uang

III. INDIKATOR
• Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi panjang. MATEMATIKA
• Mencari berbagai informasi tentang alat tukar dan uang IPS
• Menceritakan berbagai alat tukar, misalnya barang dan uang
• Menjelaskan sejarah uang
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi panjang. MATEMATIKA
• Siswa dapat mencari berbagai informasi tentang alat tukar dan uang IPS
• Siswa dapat menceritakan berbagai alat tukar, misalnya barang dan uang
• Siswa dapat menjelaskan sejarah uang
V. MATERI
• Keliling dan luas persegi panjang MATEMATIKA
• Sejarah uang

VI. METODE PEMBELAJARAN
• Tanya jawab
• Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
• Salah satu siswa memimpin doa untuk mengawali pembelajaran
• Siswa mendengarkan apersepsi dari guru
• Siswa mendengarkan informasi dari guru mengenai tema yang akan dipelajari dan kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi:
• Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai rumus keliling dan luas persegi panjang
• Siswa mencari benda-benda persegi panjang di alam sekitar
• Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai sejarah uang
Elaborasi:
• Siswa menghitung keliling dan luas persegi panjang dari benda yang diperoleh
• Siswa membaca buku teks IPS
• Siswa mengerjakan soal latihan
Konfirmasi:
• Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas
• Siswa mendapat umpan balik dari guru
c. Kegiatan Akhir/Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan hasil belajar
• Siswa menjawab pertanyanyaan guru secara lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
• Salah satu siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
• Benda-benda persegi panjang
• Penggaris
• Mata uang
• Lingkungan sekitar
• Buku teks siswa (Matematika, IPS)
• Kurikulum mata pelajaran (Matematika, IPS)

IX. PENILAIAN
• Penilaian Lisan (dalam proses)
• Penilaian Tertulis Obyektif

Yogyakarta, 23 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas III C

Drs. Ahmad Burhani Arinil Janah, A.Md

8 thoughts on “Contoh RPP dengan Eksplorasi, Elaborasi, dan Kolaborasi

  1. Thanks saya telah mengupload utk.referensi dan contoh buat di sekolah saya (MI), semoga bermanfaat sebesar-besarnya bagi perkembangan anak didik dan metode pembelajaran di negeri kita, amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s