cerita anak:PUTRI YANG PEMURUNG

            Ada seorang putri yang pemurung, ia bernama Putri Pitaloka. Raja Hendarta sampai bingung memikirkannya. Sang raja berfikir keras mencari cara agar putrinya kembali ceria seperti dahulu kala. Dahulu  Putri Pitaloka dikenal sangat ceria. Tapi entah mengapa sudah sekitar dua tahun ini sifatnya berubah menjadi pemurung.

           Atas usul seorang menteri kerajaan, raja membuat sayembara. Siapapun yang dapat menghibur sang putri hingga bisa tertawa dan kembali ceria, akan mendapatkan banyak hadiah dari sang raja. Sayembara itu tedengar sampai ke pelosok negeri. Banyak sekali yang datang mencoba menghibur putri. Ada yang mengajak putri bernyanyi, ada badut yang beraksi, ada pelawak, bahkan sekumpulan pemain sirkus pun datang untuk menghibur putri.

          Sayembara itu telah berjalan selama 6 bulan. Tapi belum ada satupun yang bisa membuat putri tertawa. Sampai akhirnya datanglah seorang gadis kecil dari desa. Gadis itu bertanya kepada putri mengapa ia selalu murung. Ternyata sang putri banyak kehilangan teman. Ada teman yang pindah ke luar negeri, ada yang meninggal dunia, dan ada yang tidak mau berteman kembali dengan putri karena sebuah pertengkaran terjadi. Setelah mengetahui penyebab putri selalu murung, gadis kecil itu mengajak putri mencari buku. Gadis itu menjelaskan pada sang putri bahwa, buku adalah teman terbaik. Teman di saat senang dan sedih. Buku tidak akan pernah meninggalkannya. Sang putri senang sekali, ia meminta raja membangun perpustakaan untuknya. Sejak saat itu Putri Pitaloka kembali ceria, ia tidak takut kehilangan teman kembali. Ada banyak buku menemaninya. Gadis kecil pun mendapat banyak hadiah dari raja. Bahkan ia diijinkan untuk tinggal di kerajaan, untuk menemani putri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s