Silabus Bahasa Jawa Kelas 1 SD

SILABUS

Nama Sekolah            : SDIT Luqman Al Hakim

Mata Pelajaran          : Bahasa Jawa

Kelas/Semester          : I/I

  1. I. Standar Kompetensi
    1. Mendengarkan

Memahami bunyi bahasa, perintah, dan deskripsi benda-benda di sekitar

  1. Berbicara

Mengungkapkan  informasi secara lisan dengan perkenalan,  tegur sapa,  dan Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan

  1. Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca nyaring  dan menyanyikan lagu dolanan

  1. Menulis

Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin

  1. II. Kompetensi Dasar

    1. Mendengarkan
  • Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
  • Mendeskripsikan benda-benda di sekitar
  1. Berbicara
  • Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
  • Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
  • Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan
  1. Membaca
  • Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
  • Membaca nyaring kalimat  sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Melagukan lagu dolanan
  1. Menulis
  • Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
  1. III. Materi Pokok
    1. Data diri (nama, orang tua, sekolah, tempat tinggal)
    2. Silsilah keluarga
    3. Menyapa orang lain
    4. Lagu dolanan anak
    5. Membaca nyaring
    6. Deskripsi benda
    7. Menulis tegak bersambung
  1. IV. Indikator

1. Mendengarkan

  • Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah guru, misal : duduk, berdiri, membuka buku, mendengarkan baik-baik, dan lain-lain.
  • Menceritakan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar
  • Membuat kalimat berdasar cirri fisik benda yang ditunjukkan guru
  • Mengidentifikasi cirri-ciri fisik suatu benda
  • Menuliskan beberapa kalimat sederhana sesuai ciri fisik benda
  • Mendeskripsikan benda di sekitar dengan kalimat sederhana sesuai ciri –ciri fisiknya

2. Berbicara

  • Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal) de-ngan kalimat sederhana
  • Menyebutkan nama  orang tua dan saudara kandung
  • Menanyakan data diri dan nama  orang tua serta saudara kandung teman sekelas
  • Melakukan percakapan/ dialog sederhana secara berpasangan dengan bimbingan guru
  • Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
  • Menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada teman yang lebih tua
  • Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan

3. Membaca

  • Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
  • Membaca teks pendek dengan lafal intonasi yang benar
  • Membaca dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti,menarik napas) jeda panjang atau pendek
  • Membaca dengan memberi penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya
  • Mengidentifiksi kata-kata kunci dari bacaan agak panjang
  • Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat-demi kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat sehingga dapat dipahami orang lain.
  • Melagukan lagu dolanan anak

4. Menulis

  • Menebalkan gambar dan huruf dengan cara yang benar
  • Menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar dan dapat dibaca orang lain
  • Menuliskan nama diri (umur, tempat tinggal)
  • Menulis kata dan kalimat dengan huruf tegak bersambung
  1. V. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

  • Siswa mendengarkan teks yang dibacakan guru (elaborasi)
  • Siswa melakukan sesuatu sesuai dengan perintah buku (bukaen bukumu, ngadega, lunggaha, rungokno, selehna tasmu, tutupen bukumu, acungna tanganmu, nggonen sepatumu)
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 3)

Pertemuan 2

  • guru membaca teks pendek, siswa menirukan (elaborasi)
  • guru menjelaskan cara mengenalkan diri
  • Siswa membaca teks pendek mengenai perkenalan
  • siswa mengenalkan diri di depan kelas satu persatu
  • siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 8)

Pertemuan 3

  • guru menjelaskan tentang membaca nyaring
  • guru memberi contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang benar
  • siswa membaca nyaring suku kata dan kata yang ada dalam buku
  • siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 11)

Pertemuan 4

  • Guru menjelaskan tentang cara menulis kata dan kalimat sederhana di buku halus
  • Siswa menebalkan kata dan kalimat sederhana (yudhistira halaman 12)
  • siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 13)

Pertemuan 5

  • Guru membacakan pesan
  • Siswa mendengarkan pesan yang dibacakan guru
  • Siswa mencatat pesan yang didengar
  • Guru dan siswa bertanya jawab mengenai pesan yang didengar
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 21)

Pertemuan 6

  • Guru menjelaskan mengenai silsilah
  • Siswa maju ke depan mengenalkan keluarganya
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 24)

Pertemuan 7

  • Guru menjelaskan tentang membaca nyaring
  • Guru memberi contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang benar
  • Siswa membaca nyaring suku kata dan kata yang ada dalam buku

Pertemuan 8

  • Guru menjelaskan tentang cara menulis kata dan kalimat sederhana di buku halus
  • Siswa menebalkan kata dan kalimat sederhana (yudhistira halaman 27)
  • siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 28)

Pertemuan 9

  • Guru menjelaskan cara mendeskripsikan suatu benda
  • Siswa melihat gambar yang tertera dalam buku
  • Sisiwa mendengarkan deskripsi benda yang dibacakan guru kemudian menirukan
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 36)

Pertemuan 10

  • Guru menjelaskan cara menyampaikan permohonan maaf, izin, dan terima kasih
  • Siswa menirukan kalimat permohonan maaf, izin, dan terima kasih
  • Siswa maju ke depan mencoba menggunakan kalimat permohonan maaf, izin, dan terima kasih
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 40)

Pertemuan 11

  • siswa membaca lagu dolanan anak
  • Guru memberikan contoh melagukan lagu dolanan anak
  • Guru menjelaskan pesan yang terkandung dalam lagu dolanan anak
  • Siswa menyanyikan lagu dolanan anak

Pertemuan 12

  • Guru memberi contoh menulis tegak bersambung
  • Siswa menyalin kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung
  1. VI. Penilaian
    1. Tertulis
    2. Lisan
    3. Unjuk kerja
  1. VII. Alokasi Waktu

22 x 35 menit

  1. VIII. Sumber Belajar
    1. 1. Buku Sinau Basa Jawa terbitan Yudhistira
    2. Lingkungan sekitar
    3. Gambar
    4. Wayang

SILABUS

Nama Sekolah            : SDIT Luqman Al Hakim

Mata Pelajaran          : Bahasa Jawa

Kelas/Semester          : I/I I

  1. I. Standar Kompetensi
  1. Mendengarkan

Memahami pesan   pendek dan dongeng yang dilisankan

  1. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, menjelaskan permainan tradisional, dan menceritakan wayang

  1. Membaca

Memahami ragam wacana tulis (lagu dolanan anak, penggalan dongeng/cerita wayang)

  1. Menulis

Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin

  1. II. Kompetensi Dasar
  1. Mendengarkan
  • Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain
    • Menyebutkan  isi dongeng
  1. Berbicara
  • Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
  • Menjelaskan permainan tradisional
  • Menceritakan wayang
  • Melagukan dan memahami isi lagu dolanan anak
  • Membaca  penggalan dongeng/cerita wayang dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
  • Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  tegak bersambung
  1. Membaca
  1. Menulis

  1. III. Materi Pokok

Pesan

Dongeng

Cerita wayang

Lagu dolanan anak

Huruf tegak bersambung

  1. IV. Indikator
  1. Mendengarkan
  • Mencatat isi pesan
  • Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan pesan  secara lisan kepada orang lain
  • Mendengarkan dongeng dari guru atau teman
  • Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
  1. Berbicara
  • Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
  • Menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada teman yang lebih tua
  • Menjelaskan  permainan tradisional
  • Menceritakan wayang
  1. Membaca
  • Membaca dan melagukan lagu dolanan anak
  • Membaca penggalan dongeng/cerita wayang dengan benar (lafal dan intonasi yang tepat)
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam dongeng
  • Menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain
  1. Menulis

  1. V. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

  • Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru
  • Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai pesan dalam cerita
  • Siswa mencatat pesan yang didengar
  • Siswa mengerjakan latihan (yudhistira halaman 50

Pertemuan 2

  • Guru menjelaskan cara menyapa orang yang lebih tua
  • Siswa menirukan yang dibaca guru
  • Siswa mengerjakan latihan (yudhistira halaman 52)

Pertemuan 3

  • Guru memberi contoh menyanyikan lagu dolanan anak
  • Guru dan siswa bertanya jawab mengenai pesan yang terkandung dalam lagu dolanan anak
  • Siswa menyanyikan lagu dolanan anak

Pertemuan 4

  • Guru memberi contoh menulis huruf tegak bersambung
  • Siswa menyalin kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 56)

Pertemuan 5

  • Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan guru
  • Guru dan siswa bertanya jawab mengenai isi dongeng
  • Siswa menceritakan kembali dongeng yang didengar
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 65)

Pertemuan 6

  • Guru dan siswa bertanya jawab mengenai jenis-jenis permainan tradisional
  • Siswa menjelaskan permainan tradisional yang diketahui
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 67)

Pertemuan 7

  • Siswa membaca penggalan dongeng
  • Guru dan siswa bertanya jawab mengenai isi dongeng
  • Siswa menjawab pertanyaan sesuai dongeng yang dibaca
  • Siswa menceritakan kembali isi dongeng
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 68)

Pertemuan 8

  • Guru mendiktekan kalimat sederhana
  • Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

Pertemuan 9

  • Siswa  mendengarkan dongeng dari guru
  • Siswa  menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Siswa  menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 76)

Pertemuan 10

  • Siswa  mendengarkan cerita wayang dari guru
  • Siswa  menjawab pertanyaan tentang isi cerita wayang
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 77)

Pertemuan 11

  • Siswa  membaca cerita wayang dari buku
  • Siswa  menjawab pertanyaan tentang isi cerita wayang
  • Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 80)

Pertemuan 12

  • Siswa  melihat gambar
  • Guru mendiktekan kalimat sederhana
  • Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

  1. VI. Penilaian
  2. Tertulis
  3. Lisan
  4. Unjuk kerja

  1. VII. Alokasi Waktu

22 x 35 menit

  1. VIII. Sumber Belajar
    1. 1. Buku Sinau Basa Jawa terbitan Yudhistira
    2. Lingkungan sekitar
    3. Gambar
    4. Wayang

7 thoughts on “Silabus Bahasa Jawa Kelas 1 SD

  1. mbk bagus sekali postingnya, sangat bermanfaat bagi para guru bahasa jawa. ikutan ngunduh ya mbak… makasih sebelumnya.

  2. mbak arin saya sudah lama mencari silabus dan rpp basa jawa yang sesuai alhamdulillah saya sudah menemukannya di blok mbak arin.bolehkah saya ikut ngopy.trimakasih sebelumnya

Leave a comment