RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (22 Juli 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami bunyi bahasa, perintah, dan deskripsi benda-benda di sekitar

II. KOMPETENSI DASAR

Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana

III.   INDIKATOR

Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah guru, missal : duduk, berdiri, membuka buku, mendengarkan baik-baik, dan lain-lain

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah

V. MATERI

Melakukan sesuatu sesuai perintah

VI. METODE

  • Demonstrasi
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Siswa mendengarkan teks yang dibacakan guru (elaborasi)
  2. Siswa melakukan sesuatu sesuai dengan perintah buku (bukaen bukumu, ngadega, lunggaha, rungokno, selehna tasmu, tutupen bukumu, acungna tanganmu, nggonen sepatumu)
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 3)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Lingkungan sekitar
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif
  • Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (29 Juli 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Mengungkapkan  informasi secara lisan dengan perkenalan,  tegur sapa,  dan menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan

II. KOMPETENSI DASAR

Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun

III.   INDIKATOR

  • Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal) de-ngan kalimat sederhana
  • Menyebutkan nama  orang tua dan saudara kandung
  • Menanyakan data diri dan nama  orang tua serta saudara kandung teman sekelas
  • Melakukan percakapan/ dialog sederhana secara berpasangan dengan bimbingan guru

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal) de-ngan kalimat sederhana
  • Siswa dapat menyebutkan nama  orang tua dan saudara kandung
  • Siswa dapat menanyakan data diri dan nama  orang tua serta saudara kandung teman sekelas
  • Siswa dapat melakukan percakapan/ dialog sederhana secara berpasangan dengan bimbingan guru

V. MATERI

  • Memperkenalkan diri

VI. METODE

  • Demonstrasi
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. guru membaca teks pendek, siswa menirukan (elaborasi)
  2. guru menjelaskan cara mengenalkan diri
  3. Siswa membaca teks pendek mengenai perkenalan
  4. siswa mengenalkan diri di depan kelas satu persatu
  5. siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 8)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Lingkungan sekitar
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian lisan
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif
  • Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (12 Agustus 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami teks pendek dengan membaca nyaring  dan menyanyikan lagu dolanan

II. KOMPETENSI DASAR

Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

III.   INDIKATOR

Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

V. MATERI

Membaca nyaring

VI. METODE

  • Demonstrasi
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. guru menjelaskan tentang membaca nyaring
  2. guru memberi contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang benar
  3. siswa membaca nyaring suku kata dan kata yang ada dalam buku
  4. siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 11)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian lisan
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (19 Agustus 2009)

II. STANDAR KOMPETENSI

Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin

II. KOMPETENSI DASAR

Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung

III.   INDIKATOR

  • Menebalkan gambar dan huruf dengan cara yang benar
  • Menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar dan dapat dibaca orang lain

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat Menebalkan  dan huruf dengan cara yang benar
  • Siswa dapat menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar dan dapat dibaca orang lain

V. MATERI

Me nuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. Mengajak siswa menyanyikan lagu Tinggi Huruf

b. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan tentang cara menulis kata dan kalimat sederhana di buku halus
  2. Siswa menebalkan kata dan kalimat sederhana (yudhistira halaman 12)
  3. siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 13)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian Tertulis

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (26 Agustus 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami bunyi bahasa, perintah, dan deskripsi benda-benda di sekitar

II. KOMPETENSI DASAR

Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana

III.   INDIKATOR

Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah guru, misal : duduk, berdiri, membuka buku, mendengarkan baik-baik, dan lain-lain.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah guru, misal : duduk, berdiri, membuka buku, mendengarkan baik-baik, dan lain-lain.

V. MATERI

Melakukan sesuatu sesuai perintah

VI. METODE

  • Demonstrasi
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Guru membacakan pesan
  2. Siswa mendengarkan pesan yang dibacakan guru
  3. Siswa mencatat pesan yang didengar
  4. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai pesan yang didengar
  5. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 21)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian Tertulis
  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (2 September 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan

II. KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan

III.   INDIKATOR

Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan

V. MATERI

Silsilah keluarga

VI. METODE

  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan mengenai silsilah
  2. Siswa maju ke depan mengenalkan keluarganya
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 24)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Silsilah keluarga
  • Foto keluarga
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian Tertulis
  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

Drs. Ahmad Burhani

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (14 Oktober 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami teks pendek dengan membaca nyaring  dan menyanyikan lagu dolanan

II. KOMPETENSI DASAR

Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

III.   INDIKATOR

Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

V. MATERI

Membaca nyaring

VI. METODE

  • Demonstrasi
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan tentang membaca nyaring
  2. Guru memberi contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang benar
  3. Siswa membaca nyaring suku kata dan kata yang ada dalam buku

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (21 Oktober 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin

II. KOMPETENSI DASAR

Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung

III.   INDIKATOR

  • Menebalkan gambar dan huruf dengan cara yang benar
  • Menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar dan dapat dibaca orang lain

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat Menebalkan  dan huruf dengan cara yang benar
  • Siswa dapat menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar dan dapat dibaca orang lain

V. MATERI

Menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. Mengajak siswa menyanyikan lagu Tinggi Huruf

b. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan tentang cara menulis kata dan kalimat sederhana di buku halus
  2. Siswa menebalkan kata dan kalimat sederhana (yudhistira halaman 27)
  3. siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 28)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian Tertulis

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (28 Oktober 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami bunyi bahasa, perintah, dan deskripsi benda-benda di sekitar

II. KOMPETENSI DASAR

Mendeskripsikan benda-benda di sekitar

III.   INDIKATOR

  • Menceritakan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar
  • Membuat kalimat berdasar cirri fisik benda yang ditunjukkan guru
  • Mengidentifikasi cirri-ciri fisik suatu benda
  • Menuliskan beberapa kalimat sederhana sesuai ciri fisik benda
  • Mendeskripsikan benda di sekitar dengan kalimat sederhana sesuai ciri –ciri fisiknya

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat menceritakan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar
  • Siswa dapat membuat kalimat berdasar cirri fisik benda yang ditunjukkan guru
  • Siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri fisik suatu benda
  • Siswa dapat menuliskan beberapa kalimat sederhana sesuai ciri fisik benda
  • Siswa dapat mendeskripsikan benda di sekitar dengan kalimat sederhana sesuai ciri –ciri fisiknya

V. MATERI

Deskripsi benda

VI. METODE

  • Ceramah
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan cara mendeskripsikan suatu benda
  2. Siswa melihat gambar yang tertera dalam buku
  3. Sisiwa mendengarkan deskripsi benda yang dibacakan guru kemudian menirukan
  4. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 36)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Gambar benda-benda
  • Benda-benda di sekitar
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian Tertulis
  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 /I

WAKTU                           : 2 JP, (11 Nopember 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Mengungkapkan  informasi secara lisan dengan perkenalan,  tegur sapa,  dan Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan

II. KOMPETENSI DASAR

Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

III.   INDIKATOR

  • Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
  • Menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada teman yang lebih tua

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
  • Siswa dapat menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada teman yang lebih tua

V. MATERI

  • Kalimat sapaan
  • Permohonan izin
  • Terima kasih

VI. METODE

  • Ceramah
  • Penugasan
  • Demonstrasi

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan cara menyampaikan permohonan maaf, izin, dan terima kasih
  2. Siswa menirukan kalimat permohonan maaf, izin, dan terima kasih
  3. Siswa maju ke depan mencoba menggunakan kalimat permohonan maaf, izin, dan terima kasih
  4. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 40)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian Tertulis
  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (18 Nopember 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami teks pendek dengan membaca nyaring  dan menyanyikan lagu dolanan

II. KOMPETENSI DASAR

Melagukan lagu dolanan

III.   INDIKATOR

Melagukan lagu dolanan anak

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Melagukan lagu dolanan anak

V. MATERI

Lagu dolanan anak

VI. METODE

  • ceramah
  • Penugasan
  • Demonstrasi

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. siswa membaca lagu dolanan anak
  2. Guru memberikan contoh melagukan lagu dolanan anak
  3. Guru menjelaskan pesan yang terkandung dalam lagu dolanan anak
  4. Siswa menyanyikan lagu dolanan anak

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Lagu dolanan anak
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 / I

WAKTU                           : 2 JP, (25 Nopember 2009)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin

II. KOMPETENSI DASAR

Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung

III.   INDIKATOR

Menulis kata dan kalimat dengan huruf tegak bersambung

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat menulis kata dan kalimat dengan huruf tegak bersambung

V. MATERI

Menulis tegak bersambung

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. Siswa menyanyikan lagu Tingginya Huruf

b. Kegiatan Inti

  1. Guru memberi contoh menulis tegak bersambung
  2. Siswa menyalin kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

Semester Dua

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (13 Januari 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami pesan   pendek dan dongeng yang dilisankan

II. KOMPETENSI DASAR

Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain

III.   INDIKATOR

  • Mencatat isi pesan
  • Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan pesan  secara lisan kepada orang lain

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat mencatat isi pesan
  • Siswa dapat menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat
  • Siswa dapat menyampaikan pesan  secara lisan kepada orang lain

V. MATERI

Pesan

VI. METODE

  • Tanya jawab
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru
  2. Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai pesan dalam cerita
  3. Siswa mencatat pesan yang didengar
  4. Siswa mengerjakan latihan (yudhistira halaman 50)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (20 Januari 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, menjelaskan permainan tradisional, dan menceritakan wayang

II. KOMPETENSI DASAR

Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

III.   INDIKATOR

  • Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
  • Menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada teman yang lebih tua

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
  • Siswa dapat menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada teman yang lebih tua

V. MATERI

Kalimat sapaan

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan cara menyapa orang yang lebih tua
  2. Siswa menirukan yang dibaca guru
  3. Siswa mengerjakan latihan (yudhistira halaman 52)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis
  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (27 Januari 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami ragam wacana tulis (lagu dolanan anak, penggalan dongeng/cerita wayang)

II. KOMPETENSI DASAR

Melagukan dan memahami isi lagu dolanan anak

III.   INDIKATOR

Membaca dan melagukan lagu dolanan anak

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat membaca dan melagukan lagu dolanan anak

V. MATERI

Lagu dolanan anak

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Guru memberi contoh menyanyikan lagu dolanan anak
  2. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai pesan yang terkandung dalam lagu dolanan anak
  3. Siswa menyanyikan lagu dolanan anak

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (10 Februari 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin

II. KOMPETENSI DASAR

Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  tegak bersambung

III.   INDIKATOR

Menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung

V. MATERI

Menulis tegak bersambung

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. mengajak siswa menyanyikan lagu Tingginya Huruf

b. Kegiatan Inti

  1. Guru memberi contoh menulis huruf tegak bersambung
  2. Siswa menyalin kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 56)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (17 Februari 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami pesan   pendek dan dongeng yang dilisankan

II. KOMPETENSI DASAR

Menyebutkan  isi dongeng

III.   INDIKATOR

  • Mendengarkan dongeng dari guru atau teman
  • Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat mendengarkan dongeng dari guru atau teman
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng

V. MATERI

  • Dongeng

VI. METODE

  • Tanya jawab
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan guru
  2. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai isi dongeng
  3. Siswa menceritakan kembali dongeng yang didengar
  4. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 65)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis
  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (24 Februari 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, menjelaskan permainan tradisional, dan menceritakan wayang

II. KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan permainan tradisional

III.   INDIKATOR

Menjelaskan  permainan tradisional

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat menjelaskan  permainan tradisional

V. MATERI

Permainan tradisional

VI. METODE

  • Tanya jawab
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai jenis-jenis permainan tradisional
  2. Siswa menjelaskan permainan tradisional yang diketahui
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 67)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis
  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (17 Maret 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami ragam wacana tulis (lagu dolanan anak, penggalan dongeng/cerita wayang)

II. KOMPETENSI DASAR

  • Membaca  penggalan dongeng/cerita wayang dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita

III.   INDIKATOR

  • Membaca penggalan dongeng/cerita wayang dengan benar (lafal dan intonasi yang tepat)
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam dongeng

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapatmMembaca penggalan dongeng/cerita wayang dengan benar (lafal dan intonasi yang tepat)
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam dongeng

V. MATERI

Dongeng

VI. METODE

  • Tanya jawab
  • Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Siswa membaca penggalan dongeng
  2. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai isi dongeng
  3. Siswa menjawab pertanyaan sesuai dongeng yang dibaca
  4. Siswa menceritakan kembali isi dongeng
  5. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 68)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • dongeng
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis
  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (24  Maret 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin

II. KOMPETENSI DASAR

Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  tegak bersambung

III.   INDIKATOR

  • Menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain

V. MATERI

Menulis huruf tegak bersambung

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. Mengajak siswa menyanyikan lagu Tinggi Huruf

b. Kegiatan Inti

  1. Guru mendiktekan kalimat sederhana
  2. Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (31  Maret 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami pesan   pendek dan dongeng yang dilisankan

II. KOMPETENSI DASAR

Menyebutkan  isi dongeng

III.   INDIKATOR

  • Mendengarkan dongeng dari guru atau teman
  • Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat mendengarkan dongeng dari guru atau teman
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng

V. MATERI

Dongeng

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Siswa  mendengarkan dongeng dari guru
  2. Siswa  menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  3. Siswa  menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  4. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 76)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
    1. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (14 April 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, menjelaskan permainan tradisional, dan menceritakan wayang

II. KOMPETENSI DASAR

Menceritakan wayang

III.   INDIKATOR

Menceritakan wayang

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat menceritakan wayang

V. MATERI

Cerita wayang

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Siswa  mendengarkan cerita wayang dari guru
  2. Siswa  menjawab pertanyaan tentang isi cerita wayang
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 77)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
    1. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis
  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (21 April 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami ragam wacana tulis (lagu dolanan anak, penggalan dongeng/cerita wayang)

II. KOMPETENSI DASAR

Membaca  penggalan dongeng/cerita wayang dengan lafal dan intonasi yang tepat

Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita

III.   INDIKATOR

  • Membaca penggalan dongeng/cerita wayang dengan benar (lafal dan intonasi yang tepat)
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng/cerita wayang

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat membaca penggalan dongeng/cerita wayang dengan benar (lafal dan intonasi yang tepat)
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng/cerita wayang

V. MATERI

Cerita wayang

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti

  1. Siswa  membaca cerita wayang dari buku
  2. Siswa  menjawab pertanyaan tentang isi cerita wayang
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 80)

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
    1. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim

KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)

WAKTU                           : 2 JP, (28 April 2010)

  1. I. STANDAR KOMPETENSI

Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin

II. KOMPETENSI DASAR

Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  tegak bersambung

III.   INDIKATOR

  1. Menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
  2. Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
  3. Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
  2. Siswa dapat menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
  3. Siswa dapat menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain

V. MATERI

Menulis huruf tegak bersambung

VI. METODE

Penugasan

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan

  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. Mengajak siswa menyanyikan lagu Tinggi Huruf

b. Kegiatan Inti

  1. Siswa  melihat gambar
  2. Guru mendiktekan kalimat sederhana
  3. Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

c.    Kegiatan Akhir/Penutup

  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)

IX. PENILAIAN

  • Penilaian tertulis

Yogyakarta, 10 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I

About these ads

4 thoughts on “RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s